Sabtu, 04 Agustus 2012

Virtual MIDI Piano Keyboard



Virtual Midi Keyboard..Sofware yang satu ini cukup ringan dan juga   dijadiin Sound Module atau sound bank. Programnya lumayan ringan hingga latency-nya minim banget. Abis itu dengan banyaknya instrument definition yang bisa didonlot dengan gratis membuat kita bisa memiliki koleksi berbagai jenis instrumen musik yang banyak banget.


Mungkin saat ini kita masih menggunakan laptop/kompi yang minim memori atau kapasitasnya kecil mungkin kalau menggunakan sofware yang lainnya seprti Cakewall,flstudio dan lain lain computer kita akan terasa berat bin lemot jadi solusinya coba pake software yang satu ini
Dan juga pengoperasiannya pun dibilang sangat mudah

yang paling penting adalah latencynya yang begitu minim sehingga mainin musik pun makin asoy!

Pada dasarnya Virtual MIDI Piano Keyboard ini adalah Keyboard MIDI versi Hayalan. Jadi jika agan-agan gak punya MIDI Keyboard beneran bisa gunain Virtual MIDI Piano Keyboard ini sebagai gantinya dan cara maininnya pun bisa pake keyboard komputer (yang buat ngetik) atau pake mouse.
Virtual MIDI Piano Keyboard bisa jadi semacam Sound Module atau memanfaatkannya sebagai sound bank saja. Soalnya selain bisa nerima input dari keyboard buat ngetik atau mouse berbeda dengan virtual piano lainnya, Virtual MIDI Piano Keyboard juga bisa nerima input dari MIDI Keyboard. Caranya, setelah MIDI Keyboard kita tersambung ke laptop, tinggal ubah setting-annya dengan cara klik menu edit terus di Input MIDI Connection pilih nama MIDI Keyboard yang kita gunain. Dalam hal ini, contoh yang di gunakan keyboard Korg Pa 50sd
Tapi jangan lupa neh, seperti halnya MIDI Keyboard beneran, Virtual MIDI Piano Keyboard pun sebenarnya ga bisa menghasilkan sound sendiri. Karenanya dibutuhkan MIDI synthesizer (baik hardware atau software, internal atau external). Untuk pengguna PC bisa gunain synth bawaan Windows yaitu “Microsoft GS Wavetable SW Synth” dengan mengaktifkannya di Output MIDI Connection Virtual MIDI Piano Keyboard.
Nah, setelah MIDI Synthesizer berhasil d set up, Virtual MIDI Piano Keyboard inilah yang nantinya akan merubah-rubah suara synthesizer itu menjadi suara piano, gitar, perkusi sampai sound effect. Namun agar bisa mengeluarkan berbagai suara instrument seperti itu, sebelumnya kita kudu memilih instrument definition. Virtual MIDI Piano Keyboard sendiri udah nyertain sebuah instrument definition dengan pilihan General MIDI, Roland GS, dan Yamaha GX yang masing-masing memiliki banyak pilihan berbagai jenis suara instrument. Cara ngaktifin instrument definitions, buka aja preferences terus klik load di instrument file dan pilih file “gmgsxg.ins” Nah, karena format instrument definitions Virtual MIDI Piano Keyboard sama dengan yang digunain di Sonar yaitu .INS jadi kebetulan banget neh. sebelumnya kan ane udah install program Sonar, jadi selain gunain definitions bawaan, ane juga bisa gunain definitions bawaan software Sonar. Cihuuuuy, jadi banyak banget deh koleksi bank suara instrumennya.
Cara lain untuk menambah instrument definitions adalah mengimport Sound Font dengan format .SF2 atau .DLS. Coba cari aja di mbah google untuk Sound Filenya, tinggal pilih jenis-jenis suara yang bisa di download secara gratis. Semakin banyak kita punya koleksi instrument definitions alhasil semakin banyak juga jenis instrumen yang bisa mainkan dengan MIDI Keyboard kita. Asyik kan?
Nah, kalo udah semuanya udah di set dengan benar tinggal pilih suara instrument yang kita ingin mainkan dan enjoy sambil main OT versi sendiri…

Untuk Softwarenya silahkan download aja melalui link diwah



Tidak ada komentar :

Posting Komentar

komentar anda kemajuan bagi kami